Wednesday, January 7, 2009

Ayam Panggang Klaten


Naahh.. satu lagi resep ayam panggang nusantara, tau' nih.. bbrp hari ini pengen bakar2an terus euy... bakar,panggang, grill, halah.. :) yang ini sebetulnya mirip ama Ayam Bakar Solo, bedanya.. mm.. yg ini kyknya lbh manis deh, karena emang di bbrp resep make gula jawa. Tapi setelah test pake 2 resep & compare, hhmm... aku lbh demen yg gak manis.. kalo pun kasih gula jawa mending dikit aja deh, sesuai selera aja.

Resep yg bisa jadi referensi nih :
Ayam Panggang Klaten Ci Ine (naahh.. lidah ku lebih cucok ama resep yg satu ini)

Ini resep yg aku pake, aku tulis lagi aja dsini, dengan takaran yg aku pake tadi.

Bahan :
1 ayam
1000cc santan dari 1 kelapa
2 daun jeruk
2 salam
2 sere
1 Tbsp asam (di larutkan dalam 2sdm air hangat)
1 sdt gula merah (modifikasi aku sendiri)
5 sdm minyak utk menggoreng.

Bumbu Halus :
10 bw merah
7 bw putih
7 kemiri
2 cm jahe
½ tsp lengkuas bubuk
¼ tsp kunyit
½ tsp ketumbar (lebih)
½ sdt merica
½ sdt jinten
¼ tsp kencur
garam
gula

Tumis bumbu halus sampe harum.
Masukkan santan, masak hingga mendidih, masukkan ayam.
Masak sampai bumbu meresap dan ayam empuk.
Jika ayam udah empuk tapi santan blm mengental, angkat ayam, dan masak terus santan sampe mengental hingga menjadi areh.
Bakar/panggang ayam sambil di olesi areh.

1 comment:

Orek-orek'an ku said...

@jacker: thanks for visiting my blog&your critics, sure i'll complete my recipes later :) just need to spend more time though...

jakarta pray time

Previous Post