Wednesday, October 8, 2008

Coffee Meringue


(ini potona malem2 ... pencahayaan kurang, dan yg dipoto emang sengaja yg gak berongga tuh, biar sama spt yg dijual di indonesia, hihihi..)

Many thanks for mak Esther for sharing this fabulous recipe. Aku bisa pamer2in abis deh ke mommy... hihihi... lucunya, waktu di oven kan ada 2 loyang tuh, 1 ditaruh di rak atas, dan 1nya lagi di rak bawah. Lama oven sesuai anjuran mbak Esther yaitu 1 jam. Nah saat 30menit, aku tuker posisinya, yg tadinya di rak atas pindah ke bawah dan yg tadinya di rak bawah pindah ke atas. Eeehh... dua2nya sama2 jadi sih, sama2 renyah, sama2 gak bantat... renyah luar dalam, tapiiiiii.... yg semula di rak atas jadinya bisa full press body alias gak berongga di bagian dlm, tapi yg semula di rak bawah tuh jadinya persis spt mbak Esther punya yaitu bagian dalamnya berongga tapi renyah. Getuuuu... Makanya bingung jg neh.. hihi... tapi kalo yg dijual di indo tuh yg full gitu... hhmm.. yah, apa aja deh, yg penting dua2nya enak kok.

Ini aku tulisin resep mbak Esther punya, aku bikin 1/2 resep ajah jadinya udah 2 loyang plus 1 loyang buat 1 layer Pavlova. Tinggal bikin tiramisu cream nya deh, atooo.. tinggal di kasih whip cream dan buah2an to become Pavlova. Ohya untuk meringue uji coba ini aku gak pake kacang & dark choc dulu, bikin polosan aja dulu, ntar kalo sukses bisa di ulang lageehh.

Nescafe Meringue ala mbak Estherlita :

300cc putih telur
500 gr gula halus
3 sdm nescafe (utk 1/2 resep tadi aku pake 1 Tbsp coffee)
1 sdm cuka (utk 1/2 resep aku pake 1/2 Tbsp kurang dikit)
200 gr kacang mede, parut kasar
100 gr dark chocolate, parut kasar

Kocok putih telur dengan electric mixer medium speed sampai mengembang, masukkan gula halus sedikit2 sambil terus di mixer.
Masukkan jg nescafe dikit-dikit dan terus di mixer sampe membentuk soft peak (sampai kaku).
Masukkan cuka dan teruskan mixer full speed sampai adonan keras.
Masukkan kacang mede dan dark choc, aduk sebentar.
Sendoki dan cetak di loyang. Bake in 300F for 1 hour. Sesekali oven dibuka.
Setelah 30menit pertama, tukar posisi loyang agar matangnya merata.
Setelah 1 jam, biarkan di dalam oven sampe kira-kira 1 jam lagi. Baru keluarkan dan dinginkan.

Naahh... ada lagi 1 resep meringue dari mbak Astri Nugraha, tapi mending aku post di different place aja, sekalian buat Tiramisu Meringue nya. 1 layer loyang meringue nya tadi mo aku buat Tiramisu meringue ajah, krn heavy cream dan buah2 segarnya blm lengkap tersedia euy.

oyah, ini gambar meringue yg berongga...luar dalam renyah, manis, tapi gak manis bgt, pas deh di lidah.



3 comments:

Anonymous said...

aduh meringue, mau dong buat juga ... waduh gue asli deh ciut deh ngeliat blog elo .. gak mampuuuu nandingin ... masakannya susah-susah jeeee......
berani coba gak ya ?

Anonymous said...

mbak mo nanya..itu waktu manggang, loyang nya di alasi kertas roti ngga?
Btw..salam kenal ya mbak


Regards,
Danik

Orek-orek'an ku said...

hai, salam kenal jg. IYA, itu waktu manggang aku pakein kertas roti.

jakarta pray time

Previous Post