Friday, November 2, 2007

Resep Sambel Goreng Ati

Ini resep sambel goreng ati warisan mbah goprak. Simple ternyata, padahal tiap kali dia bikin tuh, wiiihh.. rasanya top bgt deh, sepertinya belum ada sambel goreng ati seenak bikinan mbah. Tapi anehnya jg, berkali-kali bikin kok ya tetep aja gak sama ya ama bikinan tangan mbah sendiri, hik..hik..hik..mbahku skrg sudah gak berdaya, selain sudah tua, beliau baru jatuh dari kamar mandi dan skrg gak bisa jalan .. hik..hik.. sedih bgt.

Nih resep mbah, semoga bermanfaat buat lainnya

SAMBEL GORENG ATI

Bahan dihaluskan :
3 bw putih
6 bw merah
5 lombok merah
Trasi

Bahan lainnya:
Hati sapi, digodok sebentar trus dipotong kotak2
Kentang, dipotong kotak2 dan digoreng dulu terpisah
3cm laos digecek
2 daun salam
Santan secukupnya
Garam

Cara:
Bahan halus ditumis sampe harum, trus tambahkan laos. Angkat dan masukkan ke dalam wajan yg udah diisi santan mendidih. Masukkan hati sapi dan kentang kedalamnya. Masak sampe sat (sorry, aku gak bisa translate bahasa jawa ini ke indonesia).

Yah beginilah resepnya, simple, tapi yo mbulet, hihihi.. lha mbah ku tuh ya..gak pernah kasih takaran yg jelas. Malah seringnya gak ada ukurannya, selalu dibilang "yaaa...secukupnya", kalopun beruntung dibilangin takarannya.. ujung2nya jadi gini nih "laos sejempol.. " lhaaa... iki jempol e sopoooo... mbuh jempol sikil opo tangan... Mangkanee.. kudu sabar ae iki sing moco resep e.

5 comments:

Anonymous said...

Jeng, 'sat' dlm bhs Indonesia ya sampe kering hehehehe, lah wis tekan ning hawaii kok ya lali... Lho mana potonya Yan, diposting dunk, sekalian ya untu mu si wisdom teeth jg kan doi jg pingin dipajang di blog hihihi Gw pingin bikin sambel goreng atinya tp lg gk ada terasi neh, kalo di Indonesia gtu tinggal kabur ke warunk sebelah ya... Oya kmrn gw bkn bakwan jagunk jdnya..

Orek-orek'an ku said...

lhaaa gw kan posting resepnya karena mo bikin di rumah temen tuh, biar gak usah bawa catetan getooo...ntar deh, kalo dah jadi gw posting yeee. waahhh... gw tuh udah siapin semua bahan bakwan jagung, tp gigi masih sakiiitt...blm bisa makaan. jadi semua list (apa yg mo dimasak) di hold dulu sampe gigi gw berees, hik..hik..foto wisdom teeth gw??? ogaaaaahhhh... sereeeemmm...jadi tambah berasa senut2 deh kalo liat tuh gigi.

Anonymous said...

waahhh..bermanfa'at banget tuw resepnya....secara gak bisa nanya langsung ke mbah Goprak tercinta yaa....:(

Anonymous said...

Hi Yana, salam kenal ya dari Lilis di Ohio. Aduh gue ngakak abis deh ngebaca ceritanya ttg resep si mbah dan jempolnya. Hahaha... Iya resepnya kedengarannya gampang/simple. Thanks for sharing ya. Ntar bakal gue coba (nunggu si mood dateng dulu, hehehe...)

Orek-orek'an ku said...

buat Anonymous :
syukurlah kalo bisa sharing resep yg bermanfaat gini. semoga cucok yah selera di lidahnya.

Buat mbak Lilis Ohio :
Salam kenal juga.hehehe. iya mbak.. tapi emang kejadiannya bener apa adanya itu. takarannya serba pake jempol mbak. yg aku post ini aja aku kira2 sendiri, jadi yaa.. mohon maap kalo hasilnya kurang berkenan yah...semoga pas di lidah mbak lilis.

jakarta pray time

Previous Post