Wednesday, September 24, 2008

Biji Salak


AlhamduliLLAH akhirnya keturutan jg nih makan biji salak, hehehe... biar baby nya gak ngeceess yaa...Cuma dpt ubi (sweet potato) dikit dari chinatown, gak sampe se- pound euy.. jadinya akhirnya yaa cuma dikit, tapi gak papa lah.. namanya jg masih testing, percobaan pertama. Resep pake NCC, oke bgt... tapi karena air aku kurangi karena takut keenceran, ternyataaahhh... emang bener anjuran NCC, harusnya airnya segitu deh, i mean... according to the recipe, hihihi.. soalnya gak usah kuatir kentel, krn ntar pas di cemplungin bola2 yg udah bercampur tepung sagu, tuh cairan gula jg akan kental sendiri kok.


Resep aku adopt dari NCC yah... cuma bedanya, adonan cairan gula merah (gula jawa) aku mix ama brown sugar (ngirit gula jawa booo.. very rare in here).
Bahan :
500 gr ubi merah, kukus, haluskan
3 sdm tepung sagu
500 gr gula jawa (aku combine ama brown sugar, enak jg)
1 lt air
500 ml santan kental (better use Hawaiian Sun)
1/2 sdt garam
1 lb daun pandan
Masukkan tepung sagu kedalam adonan ubi yg telah dihaluskan, aduk rata. Bentuk bulatan sesuai selera.
Masak gula jawa bersama air hingga mendidih dan gula larut, saring, didihkan kembali.
Masukkan bulatan ubi ke dalam cairan gula, masak hingga bulatan ubi mengapung. Matikan api.
Masak santan, garam, dan pandan hingga mendidih, angkat.
Sajikan biji salak bersama santan nya.

2 comments:

Diana Indah said...

walah2..lama ga mampir, isinsya makanan mulu...dasar ibu hamil, hehe..

Minal aidin wal faidzin ya.. Aku mo liburan ke Malang en Bromo looooch

Anonymous said...

gak pa-pa Yan , aku sih Seneng kalo blog mu isinya makanan , asyik jadi memacu semangat untuk buat masakan heheee maju terus ... eh akhirnya berasa puasa juga ya ... secara bikin biji salak hehehe .. hawaii gitu loh :)

jakarta pray time

Previous Post