Friday, April 4, 2008

Lumpia Semarang



Udah sering banget bikin lumpia semarang, sampe udah di modifikasi jadi lumpia tahu ama lumpia tuna. Tapi justru lumpia semarang ini blm pernah sempet aku post. Jadi mumpung inget nih, aku post aja resep andalan ini. Setelah nyoba bikin lumpia sampe 5-6 kali dengan resep yg berbeda semua, hehehehe.. kurang kerjaan bgt yak! :) Seleraku jatuh pada resep simple nya Imazahra. Bakso jg aku ambil dari dia jg akhirnya (setelah nyoba bbrp kali pake resep lainnya jg). Resep dia simple, tapi ternyata enak & pas di lidah. Yaa.. untuk lumpia semarang ini aku modif dikit aja. Isinya aku tambah wortel spy lbh berserat lagi, dan aku kasih ketumbar bubuk biar gurih ala jawa nya lbh kerasa, hahahaha...

Bahan :
1/3 lb Udang, cincang
1 Ayam dada, cincang
3 wortel, rajang (parut kasar)
2 butir telur, kocok lepas.
1 can rebung 20oz
2 daun bawang, rajang halus
1 sdt sesame oil (minyak wijen)
vegetable oil
garam
merica
kecap manis
kecap asin

Bumbu Halus :
3-4 bawang merah
3-4 bawang putih
ketumbar (dikit)

Kocok lepas telur, tambahkan garam, merica dan garlic powder dikir. Bikin telur orak arik sampai telur jadi bulir2 kecil. Sisihkan.
Tuang vegetable oil & sesame oil pada hot fry pan.
Tumis bumbu halus, taburi dengan garam & merica, aduk2 hingga harum.
Masukkan daun bawang, tumis hingga layu.
Masukkan ayam, tumis aduk2 hingga matang, dilanjutkan dengan udang. Tumis bersama hingga udang matang.
Masukkan wortel, tumis hingga matang.
Masukkan rebung, tambahkan kecap manis dan kecap asin, aduk rata.
Cicipi rasanya, jika masih kurang bisa tambahkan garam merica dan gula.
Masukkan telur, matikan api. Dinginkan.

Taruh adonan di kulit lumpia, lipat seperti melipat amplop. Rekatkan dengan air+kanji. Goreng hingga golden brown.

No comments:

jakarta pray time

Previous Post