Monday, April 28, 2008

Pada ngomongin Resesi?

Iseng-iseng browsing blog sana sini, isinya membahas resesi yah? resesi di US dan mungkin hampir di sluruh belahan dunia. Semua pada curhat soal barang2 yg semakin melangit, bbm yg tak tertahankan lagi naiknya, dll. Hhhmm... di hawaii sini apalagi, dari yg semula udah mahal nya bukan main (dibanding mainland) eehh ketambahan issue resesi pula, hihihihi... tapi AlhamduliLLAH so far masih bisa tersenyum. AlhamduliLLAH masih banyak temen2 yg selalu mengingatkan, bagaimanapun juga aku masih di US.. negara yg apa aja jg masih tercukupi kok. Aku masih bisa makan kenyang, minum dgn lega nya, tidur nyaman. Dibanding sodara2 kita di tanah air ... yg sekian ratus juta mungkin (semoga angka kemiskinan ini udah berkurang, amiinn) yg udah jarang menikmati perut kenyang, minum sampe lepas dahaganya, dan tidur tanpa terganggu kepanasan dan kehujanan. Nah.. untuk antisipasi dan reaksi terhadap "resesi" ini.. y udah.. tinggal kurangi aja kebutuhan yg tersier.. yg biasanya harus ada camilan Lays..Oreo dll... yaa.. tinggal dikurangi, dibatasi, toh gak musti harus makan itu spy kenyang kan? Dan bersyukurlah kita umat islam (mungkin temen2 yg katolik juga nih) terbiasa dengan Puasa. Yaa.. itung2 sekalian nyicil bekal buat di akherat nanti, sekalian nabung pahala... dan sapa tau bisa diet gratis juga kan? hahaha.. gitu aja kok repot?! kekekekekk... emang palnig enak adalah hidup sederhana dan seadanya. Bukan karena "kita punya duit" tapi lebih dipentingkan ke "Bagaimana kita menghargai duit" itu sendiri.

Tapi kalo mo bahas, US semakin "parah" resesinya.. susah amat... tinggal pulang aja ke kampung halaman... hahaha.. wong aslinya dari sana kok, ngapain ngotot harus! di US?? (lha wong katanya negri sendiri jg krisis? semua negara krisis kan?). Kalo disini di bela2in berusaha spy gak resesi, kenapa gak juga berusaha, membantu sodara2 di tanah air, spy resesi di negri sendiri jg gak makin parah? Kalo alasan disini gampang cari kerjaan, saya rasa itu lebih disebabkan, gaji disini meski hanya waitress Mc D tapi masih bisa beli tas 9west, hihihi. Tapi apakah saving yg didapat disini cukup worth it? gaji tinggi (krn kurs $) tapi dengan living cost yg juga tinggi? Disini dengan bekerja biasa aja kita bisa tinggal nyaman di rumah/apartment yg nyaman, mandi pake air hangat sesuka hati (sementara utk biayai heater&listrik di indo mahal boo, hihihi), makan enak di restoran sesuka kita, belanja barang2 brand jg jauh lbh murah dari di indo, dan berbagai alasan lainnya. Yah.. tingkat "kepuasan" ini lah ternyata yg jadi peran kunci nya. Ada orang yg dengan gaji biasa aja di tanah air, tapi udah bisa kok makan kenyang, tidur di rumah tanpa kehujanan dan kepanasan. Punya mobil butut tapi toh jg bisa antar kita kemanapun kita mau. Masih bisa ber-sedekah pula ke orang tua. Hidup seperti itu udah termasuk NYAMAN sekali buat orang itu, tanpa dia berpikir harus punya mobil bagus, rumah dgn perabotan lengkap, dapur dgn oven set, dishwasher, AC di semua kamar, bisa beli barang2 brand dgn label Luar Negri. Hhhmm... apakah bener ini semua kembali ke nilai "kekayaan" dan "kepuasan" yang lebih dalam..yaitu "KEPUASAN HATI" dan "KEKAYAAN HATI" ?

Atauu.. ada alasan lain nih. Mungkin jg disebabkan...seseorang lbh senang dengan kehidupan yg "Teratur" di negara maju seperti US dan Europe? meski kehidupan di LN itu pas2an, tapi dia lebih enjoy dengan suasana negara maju tersebut? hhmm... bisa juga. Tapi di sisi lain.. ada juga orang2 yg merasakan kedekatan keluarga, kehangatan hubungan masyarakat asli Indonesia -yg Insya ALLAH masih bisa di temui di berbagai daerah di Indonesia- masih lbh bermakna daripada "teratur" nya dan "masyur" nya negeri maju di LN. Yah.. semua kembali ke pribadi masing2... semua toh juga harus jujur pada diri sendiri...karena masing2 toh kelak jg akan dimintai pertanggungjawaban ttg apa yg kita pikirkan saat ini, yg kita lakukan saat ini, hihihi.. mengutip kalimat si Kucai (tokoh dalam Laskar Pelangi - Andrea Hirata) saat ditunjuk jadi ketua kelas, dimana dia takut akan pertanggungjawaban di padang Mahsyar kelak. Hahahaha... sebuah novel yg sangat menyentuh, mengetuk, dan akan sangat aneh jika seseorang tidak merasakan hal yg sama saat membacanya.

2 comments:

Anonymous said...

wuaks..lagi blog walking nemu blog nya mba Yana. :-) Well, mungkin aku termasuk yang nulis artikel tentang parah nya krisis di Amerika. Tapi ya masalah nya biar krisis kan yang namanya istri kan nunut suami kemana sajah :-) jadi krisis pun tetap di nikmati.

Anonymous said...

ada lowongan kerjaan nda' mbak yana..
hehehehehehe

jakarta pray time

Previous Post