Wednesday, October 15, 2008

Pindang Serani



Ini dah kedua kalinya bikin pindang serani, setelah yg perdana banyak peminatnya, hehehe. Menu ini udah jadi fave keluarga sejak kecil, asal muasalnya sih pake seafood (ikan) tapi suka diganti daging ama nyokap & mbah, dan teteeuupp gak mengubah rasa segar dan gurihnya. Stl nyoba trnyt masih tetep enaakk.. bener2 tombo kangen masakan mbah. Dulu gak sempet aku post krn takarannya gak aku catet, lha wong perdana plus deg2an kok, mana sempet nyatet. Baru sekarang deh nyatetnya, ini pun karena biar bisa di ulang lagi next time.

Bahan :
1 lb daging
3 bawang putih, dirajang
6 bawang merah, dirajang
3 lombok merah, dirajang
air kira-kira 5 cups (naahh... ini yg masih lupa aku takar jugaaa)
daging
2 daun bawang, rajang
3 daun jeruk
2 blimbing wuluh, rajang (bisa ditambah lagi kalo suka seger asem)

Haluskan :
1 sdt asam
½ sdt (kurang dikit) terasi
½ sdt kunyit bubuk

Rebus daging bersama air.
Tumis bawang merah, putih, dan lombok merah hingga wangi.
Masukkan bumbu halus, sere, laos, tumis bersama.
Masukkan tumisan kedalam air kaldu.
Tambahkan daun bawang, daun jeruk, blimbing wuluh.
Beri garam, dan royco, cicipi rasanya.

1 comment:

Anonymous said...

Tapi Yan , kalo dengan resep ini nyokap gue bilang ini nama masakannya asem-asem .. terus aku sih biasa pake daging gitu , kalo pindang serani sih biasanya pake bandeng terus kuahnya agak kecoklatan gitu ... nah coba deh pindang patin ala palembang heemmmmm seger buanget

jakarta pray time

Previous Post