Sunday, November 30, 2008

Here comes ... Frida


Setelah menunggu dan menunggu... disambi masak... dan masak... pada hari Jumat jam 6.06 am waktu HI tgl 21 November 2008... finally comes this little tiny winy beautiful girl... Frida Kiana Utomo, at the Kapiolani Hospital Honolulu. Proses lahirnya bisa dibilang tercepat dibanding kakak2nya dulu, meski yaa.. kontraksi udah dimulai di bulan ke 7 (kalo ini mah senasib ama kakak2nya dulu), dan bukaan udah dimulai sejak 3 minggu sebelumnya, tiap minggu bukaan cuman naik 1cm, tapi kontraksi cuma 1-2 kali aja sehari, dan flek brownish jg muncul setelah examine dokter ajah. Baru pada hari rabu malam tgl 19 Nov tuh (padahal paginya baru dari dokter tuh, dan aku bilng aja emang blm ada kontraksi ato flek berarti), start jam 12 malam, kontraksi tiba2 muncul dan teratur tiap 20menit sekali. Dan terus bertahan sampe besok paginya (kamis 20 Nov). Menjelang sore, kontraksi mereda dan jadi irregular lagi.. y udah.. aku ignore utk telp dokter.


Sekitar jam 7mlm lhaa.. akhirnya in my brownish mucus udah ada darah tapi dikit, a little bit red. Suami lngs ngajak ke RS, tapi aku bilng, anak2 gimana? mo ditaruh di mana? sapa yg jagain mereka? Akhirnya diputuskan utk besok paginya aja ke RS, setelah anak2 brkt sekolah, jadi kita jg tenang ke RS nya. Aku memutuskan utk berusaha tahan nih kontraksi hingga besok pagi nya ajah. Eeehhh... start jam 10malam kontraksi mulai teratur lagi... tp masih bisa aku tahan.. hingga akhirnya jam 1mlm aku keluar kamar udah sambil pegang tembok krn kontraksi semakin kuat. Saat itu jg suami lngs memutuskan utk ke RS dan ninggal anak2 di rumah karena toh mereka udah tidur nyenyak. Bingung.. kuatir.. tapi yah, mo gimana lagi.. udah terlalu larut utk minta tolong bu komariah (yg sebelumnya menawarkan tempatnya utk di titipi anak2), akhirnya kita buru2 ke RS. Perjalanan ke RS ditempuh dlm waktu 10-15menit karena jalanan udah lengang bgt. Sampe di RS lngs drop ke Emergency Room, dan aku diturunin dulu disana, semntara suami cari parkir. Aku registrasi diri sendiri (sambil meringis nahan kontraksi) di ER dan di antar oleh nurse ke Delivery Room di lt. 3. Sampe sana.. emang sih lngs di taruh di ruang periksa, tapi nunggu sampe 1/2 jam euy baru datang tuh bidan utk periksa bukaan dan kontraksi ku. Ternyata udah bukaan 4 dan aku disuruh stay. Langsung deh suami telp Ninik UH dan jemput dia di UH. Cuma butuh bbrp menit aja hingga ninik datang (RS gak jauh jaraknya ama UH emang). Aku lngs dipindah ke delivery room, entah itu di lantai yg sama ato enggak, aku udah gak konsen, yg aku ingat cuma nahan kontraksi yg trnyt semakin cepat interval nya dan semakin kuat.


Sampe di delivery room yg ternyata suasana nya seperti kamar VIP di RSPI Jakarta (hehehe.. abis, lengang dan nyaman sekali), gak mirip spt delivery room euy.. tp se "enak-enaknya" tuh kamar, tetep aja yg aku rasain cuma sakitnya kontraksi. Sampe disana, kaykanya jam 3.30pagi deh... kontraksi semakin kuat. Aku akhirnya memutuskan utk memakai Epidural, yaitu injeksi yg akan me non-aktif kan syaraf di perut kebawah, ini utk mengurangi pain yg ada di daerah itu. Harusnya tuh injeksi diberikan saat bukaan 4. Eeeehh...molorrrrr... hasil blood test nya entah lari kemanaaa... sampe nurse ku jg ikut bingung. Baru pas udah bukaan 8 tuh dokter anestesi datang utk kasih injeksi epidural yg lokasinya di tulang sumsum belakang. Aku gak tau persis gimana proses nya, Ninik tuh yg lebih tau krn dia ygmelihat lngs proses nya. Dan.. mmm... doi lngs muntah di kamar mandi, hahahahahahaha.... piye seeehh.. di andalno gawe njagakno aku, lha kok melu muntah pisan! wiiiss ta lah konco ku sitok iku...


Ohya, dari tadi.. sejak di delivery room aku gak crita soal suami kan? naahh.. suami tercinta emang udah aku suruh pulng untuk nengokin anak2 (that's another story 'bout him & the kids at home), selain emang tuh orang gak bisa liat darah dan sejenisnya. Mbuh iku alesan opo tenanan :)


Setelah di epidural, tapi kok aku masih merasa sakit nya kontraksi yg kuat di belakang, dan setelah di liat di grafik display, emang kekuatan kontraksi tiba2 besar. Setelah di cek ama midwife, ooohh... pushing baby di dalam menjadi semakin kuat karena ditahan ama ketuban yg posisinya jg udah dibawah. Entah kenapa tuh ketuban kok gak pecah2... jadi nya, kekuatan kontraksi menjadi double karena dari baby dan dari ketubannya, yg seperti kuat-kuatan ama mulut rahim. Setelah telp dokter, akhirnya diputuskan untuk memecah ketuban dari luar. Dengan memasukkan alat spt penggaris 30cm tapi meruncing di bagian ujung, ketuban akhirnya pecah jg, dan emang... setelah itu langsung dalam hitungan menit aja bukaan lengkap dah jadi 10!. Tapi dokter blum dateeeeeennnngg... ya elaaahhh.. kejadian lagi deh spt ehan. Akhirnya setelah dokter dateng, lngs deh... puuusshhh... hehehe... aku dah gak inget dan gak tau lg jam berapa pokoknya saat baby lahir waktu adalah 6.06 am.. AlhamduliLLAH, tidak kurang apapun baik ibu dan bayi, semua sehat. Tidak lelah hamba Mu ini mengucap syukur yg tak terkira atas segala anugerah Mu Ya Rabbi... telah Engkau mudahkan segala urusan hamba, Engkau lapangkan jalan hamba, dan Engkau ringankan beban hamba.

5 comments:

Diana Indah said...

walah2..dari awal emg ga direncanain untuk nitipin kakak2nya ya ?
emang Allah maha besar Yan...si tengah kesulitan elo, masih bisa menikmati senyum mungilnya Frida.

Keep fight..untuk jaga ke-3 krucils-mu ya.Ato mo nambah lg dlm waktu deket ? hehe

Orek-orek'an ku said...

iya, udah plan... tp trnyt proses gw k RS mendadak bgt, dan udah larut (jam 2mlm), akhirnya terpaksa kita tinggal d rmh.

keep smile said...

Iya nih mbak Yu Ninik kok ikut-ikut muntah ehhehehe

Anonymous said...

Selamat lagi deh Yan.... cantik banget ya Frida, berhubung made in hawaii penampakannya jadi kebule-bulean ... gak njawani gitu...
untung deh ada Utomonya ... bayi hawaii, keturunan Malang ehehhehe

Anonymous said...

gak sakit mbak yana waktu disuntik di tulang blakang itu?hiii..seyeemmm

jakarta pray time

Previous Post