Tuesday, February 5, 2008

Soto Ambengan Suroboyoan

Dulu waktu kecil suka diajak bapak ke soto ambengan yg terkenal itu. Tempatnya emang di daerah jalan ambengan surabaya. Jadi anen bapak deh.. hik..hik. Di jakarta mungkin lbh dikenal dengan nama Pak Sadi. Aku dah lupa untuk bisa bandingin enak mana antara soto ambengan di jln ambengan sby itu ama pak Sadi, yang aku inget di soto ambengan tuh poyah nya itu lhoo.. yummyyy... bikin ketagihan terus deh. Ketemu resep soto ambengan, di compare sana sini, dapet nih yg menurutku Ok. Karena resep aslinya ini gak ada takarannya, aku compare ama resep lain yg ada takarannya (tp dgn ingredients yg gak sama), yah.. di kira-kira sendiri, bandingin ama resep soto lainnya yg pernah dicoba, jadi biar tau berapa takaran yg sesuai/diinginkan.
Ohya, foto ada 2 versi neh, yg diatas punya si adek.. yg di bawah punya si bapak, baru mkn soto pas malem, makanya cahaya kurang yah :( Manaa... penyajiannya ala warung soto deh, bukan kelas fotografer abis, kekekekekkk...

Bahan :
2 chicken breast (boleh ganti thigh ato drumstick, terserah aja)
2 batang sere, memarkan
3 cm lengkuas, memarkan
4 lembar daun jeruk
2 lembar daun bawang, rajang halus.
udang , goreng terpisah.
bawang merah goreng, secukupnya.

Bumbu Halus :
6 bawang putih
5 kemiri, sangrai dulu
1 cm jahe
2cm kunyit (aku pake 1/2 sdt lebih kunyit bubuk).
1/2 sdt ketumbar
garam
merica

Cara Bikin :
Rebus ayam bersama daun jeruk, sere, lengkuas.
Tumis daun bawang duluan sampe harum (jangan lama2 krn daun bawang cepet layunya), langsung masukkan bumbu halus, tumis bersama. Sisihkan.
Masukkan tumisan bumbu kedalam rebusan ayam, masak bareng agar bumbu meresap bersama ayam.
Secara terpisah, haluskan udang goreng bersama bawang merah goreng, masukkan jg kedalam rebusan soto tadi. Masak semua sampai mendidih.

Bikin poyah :
tumisa bawang putih hingga layu (bukan gosong ya), ulek bersama krupuk udang, tambahkan royco dikit.

Bikin sambel soto :
Rebus bersama cabe, kemiri, bwang putih. Haluskan semuanya.

Ohya, source resep kalo mo compare sendiri bisa diambil disini ya:
- Dunia Ibu
- Resep Masakan Khas

2 comments:

kokoriko said...

E piro rek regane soto ne pak sadi? le' tuku sa'mangkok.
aku mesti lali kate mampir, padahal
omahku ndek kemuning lo ..( asline gak tau tuku..?)...wedi klarangen.hihihiiiiii....
aku...nunut konco an...suwun yo..
yankoko@plasa.com

Unknown said...

thanks banget bro,aku cari resep ini buat temen aku yg lagi buru2 mau bikin soto ambengan buat di kerjaannya.

jakarta pray time

Previous Post