Tuesday, August 19, 2008

Asem-asem Daging



Ada daging rendang ama daging cincang di kulkas.. waahh...harus segera di olah nih. Setelah minta advice dari misua...yah, dia minta dibikinin Asem-asem. Hmm.. emang enak sih...(maksudku, kalo mom yg bikin dulu) hehehe. Akhirnya setelah browsing sana sini, sreg nya ama Resep Nugraha (resep asli/source ambil disini yah). Aku combine ama daging cincang yg aku bikin jadi bola-bola daging (a.k.a bakso tapi dikurangi dikit flour nya) buat buto2 kecil ku. Jadilah asem-asem yg segeeerr deh. Dan yg paling bikin happy.. eehh ternyata anak2 suka banget.. 2 hari aja masih minta terus tuh. Oya, ini aku tulis resep ala takaran ku tadi, maklum.. asal cemplung eehh kok ternyata pas di lidah.. y udah, biar gak kelupaan dan lain kali rasanya gak berubah, aku catet aja disni.

Bahan :
1 lb daging
1 - 1.5 lt air (utk rebus daging)
2 daun salam
3 bawang putih
6 bawang merah
2 cabe merah (kecil)
2 cm lengkuas (aku pake 3 lembar irisan lengkuas ku)
1/2 tomat (big)
1-1.5 tsp asem (larutkan dalam air panas dulu)
1 Tbsp gula merah (aku pake 1/2 balok gula merah ku)
garam
gula, dikit.

Cara :
Rebus daging bersama daun salam hingga daging matang (cukup empuk). Angkat daging, potong dadu sesuai selera, masukkan kembali.
Tumis bawang merah, bawang putih, cabe merah, lengkuas hingga harum. Masukkan kedalam rebusan kaldu.
Masukkan juga air asem dan gula merah, tambahkan garam, gula.
Cicipi hingga dirasa pas.

No comments:

jakarta pray time

Previous Post