Tuesday, August 19, 2008

Banana Cheese Pastry


Belajar bikin pastry !! itu ide awalnya..hehe. Aku doyan pastry, pingin bikin zupa soup tapi bingung ama pastrynya, mo beli adonan jadi.. yah..gak tau beli dimana dan nyesel knapa kmrn gak bawa dari indo. Ya udah lah.. emang harus belajar bikin pastry sendiri kok. Setelah pelototin cara bikin pastry di youtube (yg kata si empunya tuh.. very easy!) hihihi.. akhirnya memberanikan diri utk bikin. Setelah adonan jadi, testing separuh adonan dibikin Banana Cheese Pastry nya Chicken Kitchen. Yaaa.. AlhamduliLLAAHH jadiiii... seneeeenngg deh. Akhirnya tuh adonan puff pastry sisanya disimpen di freezer utk dipake lain kali saat dibutuhkan. Oha resep adonan puff pastry ambil di Youtube nih.. lmyn kalo dipelototin bikin kita PD kok waktu buat pastry nya, hihihi. Embeded youtube sengaja gak aku pasang, menuh2in screen boo.. tapi resepnya aku tulisin aja disni.

400 gr flour
80 gr butter, melted (aku pake blue band import dari Indo)
1 tsp salt
220 ml cold water
280 gr "dry butter" (aku pake korsvet, import juga). ada yg bilng dry butter adalah shortening, tp aku blm nyoba.

Cara :
Mix flour, butter & salt, aduk dgn sendok spatula. Sedikit demi sedikit masukkan air dingin, uleni dengan tangan hingga kalis.
Setelah dough moist, bentuk bulat seperti genggaman, tutup dgn pasltic wrap dan diamkan dalam lemari es selama 30menit.
Keluarkan dari lemari es, gilas ujung2 menjadi 4 layer (see the video) untuk menaruh korsvet.
Lipat seperti amplop. Pukul2 dough, gilas.
Lipat jadi 3 lembar. Putar 90derajat, gilas lagi.
Lipat lagi jadi 3 lembar. Diamkan kembali di lemari es selama 10 menit.
Keluarkan lagi dari kulkas, lakukan 2x gilas & lipat 3 lembar untuk kemudian didiamkan lagi selama 10 menit.
Lakukan total 6x gilas & lipatan.
Setelah selesai proses gilas & lipas tadi, gilas dough hingga setebal 1/8 inch, bentuk sesuai selera dan isi sesuai selera.
Bake 350F selama 20 menit. (10 menit pertama boleh di lihat dulu utk melihat kematangannya).


2 comments:

Anonymous said...

Aloha,
Aku tinggal di Mililani , HI. Salam kenal. Pernah ketemu ngk ya?? aku senang masak juga neh.

emma

Orek-orek'an ku said...

mmm.. kayaknya pernah denger deh, eh bahkan aku kalo gak salah pernah telp mbak emma, dikasih nomornya dari bu rusman. Coba aja sabtu besok pas acara 17agustusan di kapiolani park, sapa tau bisa ketemu yah. Waahh.. ntar bisa berguru nih gw.. hehehe

jakarta pray time

Previous Post